ID | EN

Olahraga di Dalam atau Luar Ruangan, Mana yang Lebih Baik?

Ini kelebihan dan kekurangan olahraga di dalam maupun luar ruangan.
 
Tidak sedikit orang yang lebih senang berolahraga di luar ruangan, karena udaranya yang lebih segar dan pemandangan yang tidak membosankan. Namun, ada juga yang memilih berolahraga di dalam ruangan karena tidak bergantung pada cuaca, panas atau hujan, masih bisa berolahraga.
 
Sebenarnya, baik berolahraga di dalam maupun luar ruangan sama-sama bermanfaat. Keduanya, membantu menjaga kebugaran tubuh. Tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga, terutama jika dilakukan di dalam ruangan, seperti pusat kebugaran. Meski rasa malas terus merundung, olahraga di dalam ruangan tidak terganggu oleh cuaca.
 

Photo by Rima Kruciene on Unsplash
 
Meski di luar sedang panas atau hujan, Anda bisa tetap berolahraga. Namun, karena dilakukan di ruangan tertutup, maka asupan vitamin D berkurang. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik untuk tubuh. Vitamin D penting untuk menjaga kesehatan otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu penyerapan kalsium dan fosfor untuk perkembangan tulang.
 
Sementara itu, saat berolahraga di luar ruangan, Anda perlu memperhitungkan berapa lama akan terpapar sinar matahari. Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa menyebabkan dehidrasi. Usahakan untuk membawa cukup air minum saat berolahraga di luar ruangan. Di samping itu, sangat dianjurkan untuk memakan sunblock, lotion yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sebelum berolahraga.
Scroll To Top