ID | EN

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Kendaraan Listrik!

Sudah berencana ingin membeli kendaraan listrik? Sebelumnya, ketahui hal ini dulu yuk!
Photo by dcbel on Unsplash  
 
Dunia otomotif saat ini sedang diramaikan oleh hadirnya kendaraan listrik yang digadang-gadang dapat menjadi pengganti kendaraan berbahan bakar bensin. Tak hanya mobil, kini banyak motor listrik dari berbagai merek sudah banyak terlihat di jalan. Bahkan sudah digunakan oleh berbagai penyedia jasa ojek online.
 
Selain memberikan manfaat berupa kendaraan yang ramah lingkungan, teknologi kendaraan listrik ini juga bisa membuat Anda hemat tanpa perlu membeli bahan bakar bensin. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kendaraan listrik, coba pertimbangkan dahulu hal-hal berikut ini!
 
1. Kapasitas Baterai
Setiap kendaraan, baik mobil maupun motor listrik, memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Anda perlu memerhatikan hal ini, terutama bagi Anda yang sehari-hari menempuh jarak yang cukup jauh. Coba perhitungkan dulu jarak tempuh Anda apakah sesuai dengan kapasitas baterai kendaraan listrik incaran Anda.
 
 
2. Stasiun Pengisian Baterai
Saat ini, stasiun pengisian baterai kendaraan listrik masih cukup terbatas, apalagi di luar wilayah Jabodetabek. Beberapa pom bensin di ibu kota sudah ada yang dilengkapi stasiun pengisian baterai. Tak hanya itu, berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta juga ada yang sudah menyediakan tempat parkir khusus kendaraan listrik lengkap dengan charger-nya.
 
3. Daya Listrik Rumah
Setelah memiliki kendaraan listrik, pastinya diperlukan daya listrik yang memadai di rumah untuk charge baterai kendaraan. Pastikan voltase charger kendaraan sesuai dengan kapasitas rumah Anda, agar Anda bisa memasang alat pengisian baterai di rumah.
 

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash 
 
4. Perhatikan Asuransi
Mungkin banyak yang belum mengetahui jika asuransi kendaraan listrik memakan biaya yang lebih besar dari kendaraan bahan bakar bensin, lho. Padahal risiko kecelakaannya dapat dibilang sama saja. Namun, jangan khawatir karena soal pajak kendaraan listrik memang lebih murah dibanding kendaraan berbahan bakar bensin.
 
5. Aman Digunakan Saat Hujan
Salah satu kekhawatiran yang kerap muncul sebelum membeli kendaraan listrik adalah keamanannya digunakan pada saat hujan. Walaupun menggunakan baterai, namun dapat dipastikan bahwa kendaraan listrik sudah didesain sedemikian rupa dengan melalui tahap uji coba berbagai cuaca sehingga sudah pasti aman untuk digunakan.
 
Jadi, sudah memutuskan mau membeli kendaraan listrik atau masih bertahan menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin? The choice is yours!
Scroll To Top