ID | EN

Uniknya Tradisi Valentine di Seluruh Dunia

Ingin merayakan Hari Valentine dengan cara yang berbeda? Cari inspirasi dari perayaan di berbagai dunia berikut!
Photo by Taylor Simpson on Unsplash  
 
Hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Febuari umumnya dirayakan dengan memberikan bunga atau cokelat untuk orang yang terkasih. Namun, tahukah Anda? Hari kasih sayang ini tidak selalu harus dirayakan dengan cara tersebut. Contohnya seperti tradisi unik merayakan Hari Valentine di berbagai negara berikut. Yuk, baca terus artikel ini!
 
Denmark
Sejak tahun 90-an, Hari Valentine adalah hari libur yang dirayakan di Denmark. Berbagai tradisi perayaan Hari Valentine di negara ini adalah memberikan bunga putih yang disebut snowdrop, saling bertukar kartu ucapan, hingga sebagian pria juga memberikan gaekkebrev yang umumnya berisi puisi jenaka. Di dalam puisi tersebut, sang pengirim tidak menuliskan nama melainkan hanya berupa titik-titik dengan jumlah yang sesuai dengan huruf nama pengirim. Jika sang penerima surat dapat menebak siapa pengirimnya, dia akan mendapatkan telur Paskah untuk dirayakan bersama di tahun tersebut.
 

Photo by Jess Bailey on Unsplash  
 
Jepang
Di Jepang, tanggal 14 Februari adalah saat di mana sang wanita memberikan hadiah untuk pria pujaan hatinya. Mereka biasanya memberikan cokelat, bunga, hingga hadiah kecil yang berisi benda-benda favorit sang pria. Uniknya, satu bulan kemudian di tanggal 14 Maret diperingati sebagai White Day, yakni para pria akan membalas hadiah untuk sang wanita pujaan. Tak hanya di Jepang, White Day juga dirayakan di Korea Selatan, lho.
 
China
Di China, tepatnya di Miao, Hari Valentine disebut dengan Sister’s Meal Festival. Di hari ini, para wanita akan memasak nasi warna-warni yang dibalut dengan kain sutra. Kemudian para pria dapat melamar sang wanita sambal bernyanyi. Nantinya, nasi yang sudah dimasak akan diberikan kepada sang pria. Jika di dalamnya terdapat dua sumpit, artinya cinta dapat diterima. Namun jika terdapat bawang putih, itu artinya hubungan harus segera berakhir.
 

Photo by Heather Ford on Unsplash  
 
Prancis
Di Prancis, tepatnya di Paris, kota paling romantis ini merayakan Hari Valentine dengan mengunci gembok cinta di jembatan Pont des Arts. Namun sayangnya, di tahun 2015 gembok ini dihilangkan dari jembatan yang dikenal menjadi salah satu spot romantis. Selain di Paris, ada desa kecil bernama St. Valentin yang memiliki julukan sebagai Desa Cinta. Di sini masyarakatnya merayakan Hari Valentine dengan sangat meriah, rumah-rumah dihiasi dengan bunga mawar, pohon yang dipenuhi catatan cinta, hingga banyak lamaran pernikahan.
 
Dari empat tradisi negara di atas, kira-kira mana yang akan Anda lakukan kepada pasangan? Boleh juga dicoba biar bisa menjadi momen keunikan tersendiri Anda dan pasangan. Yuk, dicoba!
Scroll To Top