ID | EN

Wisata Gratis di Ruang Terbuka Hijau di Jakarta

Bosan berwisata ke mall di Jakarta? Pilihan 5 taman berikut ini bisa jadi destinasi untuk Anda yang mau berwisata gratis!
Photo by Ignacio Brosa on Unsplash
 
Kota Jakarta dipenuhi oleh berbagai pusat perbelanjaan atau mall di setiap sudutnya. Hal ini membuat masyarakat suka mengunjungi mall untuk mencari hiburan atau makan bersama keluarga atau kerabat. Tak heran jika setiap akhir pekan, hampir setiap mall selalu dipadati oleh pengunjung. Tapi jika setiap minggu Anda mengunjungi mall, pastinya akan merasa bosan bukan? Pergi ke mall juga bisa membuat kita boros karena harga barang dan juga makanan yang ada di mall dijual dengan harga menengah ke atas.
 
Nah, bagi Anda yang ingin hemat atau sekadar ingin mencari alternatif tempat wisata yang ada di Jakarta, ruang terbuka hijau atau taman bisa menjadi pilihan. Anda bisa membawa bekal untuk piknik sambil duduk-duduk menikmati ruang terbuka hingga berolahraga. Berikut ini adalah 5 pilihan taman untuk Anda yang ada di Jakarta!
 
 
Tebet Eco Park
Taman yang terletak di kawasan Tebet, Jakarta Selatan ini baru saja dibuka pada tahun 2022. Taman dengan luas mencapai 7 hektar ini dipenuhi oleh pepohonan yang rimbun dan juga jembatan ikonik yang menyeberangi Jalan Tebet Barat. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga, lapangan bola kecil, area bermain untuk anak, hingga tempat parkir. Bagi Anda yang hendak menggunakan transportasi umum, bisa menaiki bus Transjakarta koridor 9 dan juga KRL turun di Stasiun Tebet.
 
Taman Suropati
Berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Taman Suropati sudah menjadi salah satu taman yang menjadi favorit warga Jakarta. Taman yang menjadi titik temu antara Jalan Diponegoro, Jalan Teuku Umar, dan Jalan Imam Bonjol ini sudah ada sejak tahun 1920, lho. Di taman ini juga terdapat Monumen Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara. Dikelilingi oleh pepohonan rindang yang usianya sudah mencapai puluhan tahun, membuat taman ini sangat asri sehingga saat duduk di sini tidak terasa seperti sedang duduk di tengah kota.
 
 
Taman Literasi Maria Christina Tiahahu
Taman yang satu ini juga baru diresmikan pada tahun 2022 lalu. Taman Literasi Maria Christina Tiahahu ini terletak tepat di sebelah Stasiun MRT Blok M dan Terminal Transjakarta Blok M, membuatnya mudah diakses dengan transportasi umum. Selain ruang terbuka hijau, di taman ini juga terdapat beberapa coffee shop, restoran, hingga perpustakaan umum. Banyak masyarakat sering terlihat menghabiskan waktu di sini sambil bercengkrama atau membaca buku.
 
Taman Lapangan Banteng
Ingin taman yang lebih luas lagi? Ada Taman Lapangan Banteng yang juga beroperasi hingga malam hari, lho. Pada jam-jam tertentu di malam hari, ada pertunjukan air mancur lengkap dengan warna-warni lampu yang indah. Di taman ini Anda juga dapat menemukan Monumen Pembebasan Irian Barat yang turut menjadi ikon Lapangan Banteng. Lokasinya yang strategis juga membuatnya mudah diakses oleh bus Transjakarta koridor 6H dan stasiun KRL terdekat adalah Stasiun Juanda.
 

Photo by Esther Tuttle on Unsplash
 
Taman Cattleya
Di kawasan Jakarta Barat, ada Taman Cattleya yang memiliki luas sekitar 3 hektar. Taman ini berlokasi di kawasan Tomang, Jakarta Barat, yang juga bisa diakses dengan bus Transjakarta koridor 9. Selain bisa berolahraga atau duduk-duduk santai, di taman ini Anda juga bisa mempelajari berbagai tanaman yang ada di sini.
 
Inilah pilihan taman-taman atau ruang terbuka hijau untuk Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Yuk, siap-siap piknik atau menjaga kesehatan dengan berolahraga di taman ini. Namun, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan taman dan fasilitas umum yang ada ya!
Scroll To Top