ID | EN

Black Tea or Green Tea, Which is Healthier?

These two most popular teas both have benefits. But, which one is healthier? Let's find out!
Photo by Svitlana on Unsplash
 
Minuman teh sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu minuman yang menyehatkan. Kini, ada dua jenis teh yang paling populer di kalangan masyarakat yakni teh hitam dan teh hijau. Keduanya berasal dari tanaman yang sama, camellia sinensis. Walaupun begitu, teh hitam dan teh hijau diproses dengan cara yang berbeda. Sehingga masing-masing teh juga memiliki khasiat yang berbeda.
 
Teh hitam diproses melalui cara pengeringan dan fermentasi. Cara inilah yang menyebabkan warna daun teh dan hasil seduhannya menjadi kehitaman. Proses ini juga menjadikan teh hitam memiliki antioksidan yang lebih sedikit dibanding teh hijau. Tapi kandungan kafein pada teh hitam lebih tinggi, yakni sekitar 40-70 mg per cangkir. Jadi, teh hitam cocok untuk diminum di pagi hari sebelum jalan-jalan atau beraktivitas agar lebih bersemangat.
 

Photo by Content Pixie on Unsplash
 
Proses pembuatan teh hitam juga menambah kandungan zat theaflavins dan thearubiger. Zat-zat ini berguna sebagai antibodi pada sistem pencernaan. Ternyata kandungan baik di teh hitam ini juga bisa membantu untuk lebih fokus dan melancarkan peredaran darah menuju otak.
 
Kalau teh hijau diproses tanpa melalui proses pengeringan sehingga menjadi kaya akan antioksidan. Senyawa ini bermanfaat sebagai pencegah risiko penyakit berat seperti jantung, kanker, Parkinson, dan Alzheimer. Selain kaya akan antioksidan, teh hijau juga mengandung polyphenols yang bisa membantu program diet kamu. Cocok buat Anda yang suka bermasalah soal berat badan setelah liburan.
 

Photo by Na visky on Unsplash
 
Mengonsumsi teh hijau juga dipercaya dapat menenangkan pikiran. Jadi, Anda bisa coba meminum teh hijau di sore hari atau setelah meditasi. Kalau minum teh hijau yang organik, akan ada efek detoksifikasi yang membuat kulit lebih bercahaya, membuat tubuh jadi punya metabolisme tinggi, dan imun yang lebih kuat.
 
Kesimpulannya, teh hitam maupun teh hijau sama-sama memiliki manfaat buat tubuh. Selain itu, ternyata teh juga bisa membersihkan gigi berkat kandungan fluoride alaminya, lho. Tinggal pilih saja teh sesuai dengan selera dan apa tujuan Anda meminum teh.
Scroll To Top