ID | EN

3 Fitur Bermanfaat IGTV

Kenali fitur-fitur IGTV yang dapat bermanfaat.

Belum lama ini Instagram baru saja merilis aplikasi baru bernama IGTV. Melalui aplikasi ini, pengguna Instagram dapat mengunggah video vertikal dalam durasi yang cukup lama.

IGTV memiliki aplikasi mandiri, tapi tetap dapat dinikmati melalui aplikasi Instagram. Penggunaannya cukup sederhana. Beda dengan Instagram, durasi video di IGTV bisa lebih dari satu menit. Semua video yang diunggah di IGTV memiliki durasi maksimal satu jam untuk akun yang sudah diverifikasi, dan 10 menit untuk akun yang belum diverifikasi.

Penasaran dengan aplikasi yang digadang-gadang akan menyaingi YouTube ini? Berikut informasi singkat tentang IGTV:

1. Buat Saluran
Setelah masuk ke IGTV, Anda bisa membuat channel. Nantinya, channel tersebut akan berisi video-video yang Anda unggah. Di IGTV Anda bisa mengunggah file video baik dari ponsel ataupun komputer.

Semua pengguna Instagram dapat menikmati layanan ini. Aplikasinya pun sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Jika tidak ingin mengunggah aplikasi IGTV, maka Anda harus memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbarunya untuk bisa menggunakan layanan IGTV.

Untuk IGTV di dalam aplikasi Instagram, ikon tersebut berada di samping ikon Direct pada laman utama. Kumpulan video IGTV juga bisa dilihat dengan mudah di sini. Mulai dari orang-orang yang Anda ikuti, hingga video yang sedang populer di IGTV.

2. Durasi Video di Instagram Lebih Panjang
Selain IGTV, Instagram mulai bulan Juni lalu juga mengumumkan kini para pengguna dapat mengunggah video dengan durasi maksimal 10 menit. Perpanjangan durasi ini kian memperkuat layanan Instagram.

Kehadiran IGTV pun kian memperkaya layanan di Instagram. Jika Anda ingin mengunggah video di Instagram tapi tidak ingin memenuhi linimasa orang-orang yang mengikuti Anda, maka Anda bisa menggunakan IGTV.

3. Tampilan Sederhana
Aplikasi mandiri IGTV maupun yang ada di aplikasi Instagram memiliki tampilan yang hampir sama, sehingga para pengguna pun dapat menggunakannya dengan mudah. Perbedaannya, di aplikasi IGTV terdapat menu Settings yang berisi pengaturan Switch Accounts, Linked Account dan Log out. 

Sama seperti Instagram, di IGTV Anda juga bisa memberikan like, komentar dan mengirimkan video IGTV ke teman-teman Anda melalui Direct.

Anda juga bisa mencari saluran IGTV milik pengguna lain. Namun, jika Anda mengikutinya di IGTV, maka otomatis Anda juga akan mengikutinya di Instagram. Ini karena IGTV hanya bisa digunakan oleh para pengguna Instagram.

Secara keseluruhan, tampilan IGTV juga cukup sederhana. Pada laman utama IGTV, terdapat empat kategori video, For You, Following, Popular dan Continue Watching. Sebagian besar video yang muncul di kolom For You dan Following, berasal dari akun-akun yang Anda ikuti di Instagram.

Scroll To Top