ID | EN

3 Tips Menyiapkan Smartphone Sebelum Traveling ke Luar Negeri

3 Tips Menyiapkan Smartphone Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Sudah siap traveling ke luar negeri? Tentunya perjalanan ini akan semakin menyenangkan jika ditemani smartphone yang sudah disesuaikan untuk menambah kenyamanan selama perjalanan. Ada beberapa hal yang harus disiapkan pada smartphone Anda sebelum pergi ke luar negeri. Apa sajakah itu? Check it out!

1. Kartu SIM dan WiFi
Dengan pergi ke luar negeri, tentu kartu SIM (Subscriber Identity Module) merupakan salah satu hal yang harus Anda cek. Misalnya saja, jika Anda pergi ke Inggris, tentu kartu SIM Indonesia yang biasa Anda gunakan tidak akan cocok dengan jaringan di sana. Jadi lakukanlah pengecekan sebelum berangkat, apakah kartu SIM Anda mendukung jaringan luar negeri atau tidak. Jika tidak mendukung, Anda bisa membeli kartu SIM lokal begitu tiba di tempat tujuan. 

Jika Anda tidak berniat membeli SIM di luar negeri, masih ada opsi lainnya untuk tetap terhubung, yakni dengan mengandalkan koneksi WiFi yang biasa ditemukan di tempat-tempat umum, seperti hotel, bandara, ataupun kafe-kafe setempat.

2. Siapkan Nomor Penting
Simpan nomor penting saat akan traveling ke luar negeri di smartphone Anda, seperti nomor Kedutaan Besar Republik Indonesia dan nomor-nomor darurat lainnya. Pastikan pula Anda mencatat nomor-nomor tersebut di tempat yang berbeda, sehingga bisa tetap dihubungi jika smartphone Anda bermasalah.

3. Membawa Powerbank dan Universal Travel Adaptor
Kini, powerbank menjadi alat yang wajib dibawa saat hendak traveling ke manapun tujuannya. Perangkat ini memang memudahkan Anda mengisi daya jika sewaktu-waktu smartphone Anda kehabisan daya di tempat yang tidak terdapat saluran listrik.

Photo Source: https://www.aliexpress.com

Agar lebih aman, bawa juga universal travel adaptor. Dengan alat ini, steker dari Indonesia bisa dipakai di negara tujuan dengan mudah. Karena colokan dan soket listrik di negara tujuan Anda bisa saja berbeda dengan di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Scroll To Top