ID | EN

5 Buku ini Cocok untuk Anda yang Ingin Belajar Investasi

Buku terbaik untuk belajar tentang investasi sebelum Anda memulainya.

Photo by Clay Banks on Unsplash

Investasi bisa menjadi kegiatan yang membawa dampak positif, sekaligus dapat mendukung keuangan menjadi lebih mapan. Itulah alasannya mengapa hal ini perlu dilakukan agar kondisi finansial dapat terjaga, bahkan hingga di masa yang akan datang. Namun, sebelum memutuskan berinvestasi, cobalah untuk mempelajari dan memahaminya terlebih dulu, agar Anda dapat mengambil keputusan yang tepat saat nantinya yakin untuk berinvestasi.

Sejumlah buku investasi bisa dijadikan pilihan. Mengingat buku-buku ini berisi pengalaman dan berbagai tips terbaik untuk memulai investasi. Di bawah ini terdapat lima rekomendasi buku terbaik yang cocok untuk Anda yang ingin belajar investasi.

1. Rich Dad, Poor Dad
Buku yang ditulis oleh Robert Kiyosaki ini akan memberikan Anda pandangan yang berbeda tentang uang dan kemapanan. Buku ini bercerita tentang dua orang ayah yang ingin menggambarkan bagaimana seseorang bisa saja bekerja dan mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Namun, tidak dengan kehidupan finansialnya.

 

Photo Source: www.amazon.com

Kesuksesan dalam karier dan finansial merupakan dua hal yang sangat berbeda. Bahkan kedua hal ini bisa saja memberikan akhir yang saling bertolak belakang di kehidupan yang akan datang. Dalam buku ini, Kiyosaki mencoba untuk memberikan pandangan-pandangan nyata dan berbeda mengenai keuangan. Termasuk betapa pentingnya mengupayakan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan.

2. Intelligent Investor
Meski buku ini terbilang buku lama, karena sudah ditulis sejak lebih dari setengah abad yang lalu, namun buku ini masih menjadi salah satu buku favorit bagi mereka yang ingin belajar investasi. 

Melalui buku ini, Benjamin Graham mencoba untuk memaparkan betapa pentingnya mempelajari setiap saham yang akan dibeli. Sebab, hal ini akan memberikan efek yang besar terhadap keputusan yang akan Anda ambil nantinya.

3. The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America
Buku yang ditulis oleh Warren Buffett ini adalah salah satu buku yang tepat bagi Anda yang ingin terjun ke dunia investasi secara profesional. Buffett mengungkapkan secara luas berbagai poin penting mengenai keputusan keuangan sebuah perusahaan.


Photo Source: www.valuewalk.com

Buku ini berisi tips dan kebijakan-kebijakan penting yang harus dijalankan perusahaan. Semua hal tersebut nantinya akan meningkatkan nilai dan keuangan perusahaan menjadi dari sebelumnya. Bukan hanya bagi profesional, buku ini juga tepat dibaca para investor pemula.

4. Think and Grow Rich
Buku ini berisi hasil penelitian Napoleon Hill terhadap aspek-aspek yang dianggap penting olehnya dan berpengaruh dalam kesuksesan seseorang. Hal ini dituliskan Hill berdasarkan pengalaman pribadinya dalam menjalin hubungan dengan orang-orang kaya di lingkungannya.

 

Photo Source: www.justsaywen.com

Setidaknya, Hill mengungkapkan 13 prinsip penting yang ternyata dapat mempengaruhi kesuksesan dan juga kemapanan seseorang. Hingga saat ini, Think and Grow Rich masih banyak diburu orang-orang yang ingin sukses berinvestasi.

5. Beating The Street
Melalui Beating The Street, Peter Lynch membagikan pengalamannya dalam mengelola saham, hingga akhirnya investasi tersebut berjalan dan meningkat tajam. Ada banyak hal yang ingin dibagi Lynch dalam bukunya ini, termasuk cara mengambil keputusan penting dalam investasi yang dilakukannya agar dapat tumbuh dengan maksimal dan memberikan hasil yang memuaskan setiap tahunnya.

 
Photo Source: www.simonandschuster.co.uk

Peter Lynch memiliki pandangan khusus terkait investasi yang dilakukannya. Hal inilah yang menjadi dasar keputusannya dalam menjual dan membeli saham yang dianggapnya memiliki potensi.

Scroll To Top