ID | EN

5 Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Dari berbagai macam makanan untuk menurunkan berat badan, ternyata 5 kudapan ini juga bisa bantu Anda turunkan berat badan.
 
Tergiur memiliki tubuh langsing? Sayangnya, sebagian besar orang malah terjebak dalam metode yang salah. Bahkan, ada yang menggunakan obat-obatan untuk mendapatkan berat badan ideal. Tapi ternyata ada beberapa kudapan yang terbukti dapat menyehatkan sekaligus membantu Anda turunkan berat badan selama diimbangi dengan olahraga.
 
1. Kacang-kacangan
 
 
Bukan rahasia lagi jika kacang-kacangan dikenal kaya akan protein dan fiber. Studi yang dilakukan Universitas Minnesota menunjukan jika fiber yang terkandung dalam kacang-kacangan membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Namun, tidak semua jenis kacang dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Beberapa kacang yang baik untuk kesehatan antara lain kacang mete yang terbukti rendah lemak dan tinggi akan zat besi, kacang badam yang kaya akan vitamin E dan kacang tanah untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh.
 
2. Ubi Jalar
 

Photo by Louis Hansel on Unsplash
 
Selain kaya akan serat, ubi jalar juga memiliki banyak kandungan vitamin A dan B6. Satu porsi ubi jalar mengandung hingga 400 kalori, itu sebabnya ubi jalar sangat cocok dikonsumsi sebagai kudapan. Meski rendah kalori, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat yang membuat Anda merasa cepat kenyang, sekaligus mengontrol gula darah.
 
3. Kentang Rebus
 
 
 
Masih dari keluarga umbi-umbian, kentang juga dipercaya ampuh menurunkan berat badan. Yang perlu Anda ingat, kentang dan jenis umbi-umbian lain wajib diolah dengan cara direbus atau dikukus, harus terbebas dari tambahan gula maupun garam.
 
4. Yogurt
 

Photo by Niclas Illg on Unsplash
 
 
Bukan frozen yogurt, melainkan plain atau yogurt cair yang bisa Anda jadikan kudapan untuk memperoleh berat badan ideal. Pilih yogurt rendah lemak untuk mempercepat proses metabolisme, sehingga proses pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh menjadi lancar. Anda bisa mengonsumsi yogurt langsung maupun dengan campuran makanan lain, seperti buah atau madu.
 
5. Dry fruit
 
 

Photo by Anshu A on Unsplash  
 
Dry fruit atau buah kering terbukti kaya akan beberapa serat dan karbohidrat. Tidak mengherankan jika beberapa jenis buah kering mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebut saja aprikot kering, kurma, prune dan kismis yang mengandung kalsium, magnesium, potassium dan vitamin B5 yang dapat mengatasi rasa lapar bahkan hingga 5 jam setelah mengonsumsinya. Sungguh menakjubkan!
Scroll To Top