ID | EN

5 Tips Agar Anda Tidak Susah Bangun Pagi

Apakah Anda salah satu yang sulit untuk bangun pagi? Apabila ya, berikut tipsnya!
 
Bagi sebagian orang, bangun pagi memang sudah menjadi keharusan, karena banyak aktivitas mereka yang dimulai sejak pagi hari. Namun bagi sebagian lainnya, bangun pagi menjadi tantangan tersendiri yang cukup sulit dilakukan.
 
Menyalakan alarm dengan suara nyaring pun terkadang masih belum mempan membuat Anda beranjak dari kasur. Jika kebiasaan ini tidak dihentikan, maka bukan tak mungkin dapat memberikan dampak buruk untuk Anda.
 
Tapi tenang saja! Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membantu Anda tidak lagi kesulitan bangun pagi.
 
 
1. Persiapkan Segala Sesuatu Di Malam Hari
Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu di malam sebelum Anda tidur. Ini akan membantu Anda siap untuk bangun dan bangkit dari tempat tidur saat pagi hari.
 
Apa saja yang mesti dipersiapkan? Bisa pakaian yang akan dipakai untuk beraktivitas esok hari, tas dengan segala perlengkapan di dalamnya, hingga aksesoris yang ingin digunakan, seperti jam tangan atau kaca mata.
 

Photo by the blowup on Unsplash
 
2. Biarkan Cahaya Masuk Ke Kamar Anda
Memulai hari dengan terkena jumlah sinar matahari yang cukup akan mengatur ulang ritme sirkadian, dan mengirimkan pesan "ayo bangun dari tidur" ke otak.
 
Ritme sirkadian sendiri merupakan proses biologis yang menunjukkan osilasi endogen dan berulang setiap sekitar 24 jam. Ahli fisiologi dan ahli terapi tidur menyarankan agar Anda tidur dengan sebagian tirai dibiarkan terbuka.
 
 
3. Jauhkan Gawai (Gadget) Dari Kasur
Banyak orang yang terbiasa bermain gawai sebelum ia tidur, padahal hal ini justru membuat Anda sulit untuk terlelap. Maka dari itu, matikan alat elektronik setidaknya 30-45 menit sebelum pergi tidur, termasuk telepon pintar Anda. Paling tidak jauhkan ponsel Anda sebelum tidur.
 
Ini bertujuan untukk mengurangi tingkat kegelisahan dan menghentikan otak dari rangsangan cahaya biru dan hal lainnya yang membuat otak menjadi terus berpikir.
 

Photo by Brooke Lark on Unsplash
 
4. Pola Makan Yang Sehat
Yang terakhir dan tak kalah pentingnya, sebelum tidur, hindarilah mengonsumsi minuman beralkohol dan kopi. Kedua minuman tersebut akan mengurangi kualitas tidur, dan membuat rencana bangun pagi menjadi gagal.
 
Disarankan untuk tidak meminumnya setelah jam 16.00, karena efek dari kedua minuman itu bisa dirasakan selama lima jam setelah Anda menenggaknya.
 
Selain itu, cobalah untuk segera minum air putih setelah bangun tidur, karena ini akan menghidrasi sel dan otak agar menghasilkan energi untuk bergerak.
 
Sarapan dalam waktu 30 menit setelah bangun juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, dan melatih tubuh memulai hari dengan lebih banyak energi.
 

Photo by Ava Sol on Unsplash
 
5. Yakin Bisa
Daripada terlalu sering menyalahkan diri sendiri karena tidak bisa bangun pagi, lebih baik katakan pada diri sendiri seberapa besar niat Anda untuk bangun di pagi hari, dan teruslah mengatakannya. Sugerti dari diri sendiri memiliki peran yang sangat besar. Maka, yakinlah bahwa Anda bisa merubah kebiasaan sulit bangun pagi. Selamat mencoba!
Scroll To Top