ID | EN

5 Tips Jaga Kesehatan Mata

Let's, keep your eyes healthy with these 5 easy ways.
 
Saat berbicara tentang kesehatan pada tubuh, banyak orang yang melupakan kesehatan mata. Dan baru menyadarinya ketika merasakan sesuatu yang tidak enak pada mata. Memang umum bagi siapa saja mengalami masalah mata, apalagi jika sudah di usia tua. Namun, alangkah baiknya untuk mencegahnya selagi masih muda.
 
Seorang pakar retina dari UCLA, AS, membagikan tips bagaimana menjaga mata agar tetap sehat. Dilansir dari Byrdie, setidaknya terdapat 5 cara utama menjaga kesehatan mata, yang bisa dilakukan oleh Anda yang masih berusia 20-an hingga 30-an.
 
1. Lindungi Mata dari Sinar UV (Ultra Violet)
Anda mungkin sering menggunakan krim tabir surya atau sunscreen, untuk mencegah kulit tidak terbakar saat berada di luar. Tapi hanya sedikit orang yang menjaga matanya saat sedang di luar. Padahal, caranya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu menggunakan kaca mata hitam.
 
Sinar UV telah terbukti bisa memicu katarak lebih cepat. Namun, banyak juga bukti yang menunjukkan bahwa paparan cahaya matahari langsung tanpa kaca mata, bisa mengurangi risiko rabun dekat seumur hidup. Terutama jika paparan cahaya matahari ini terjadi pada masa kanak-kanak, dan mereka yang masih berusia muda.
 
Jadi, jika tetap ingin merasakan manfaat sinar matahari. Keluarlah saat pagi hari dan lepas kacamata Anda.
 

Photo by Ryan Gagnon on Unsplash
 
2. Periksakan Jika Mata Melihat Sesuatu yang Aneh
Jika Anda melihat sesuatu yang aneh atau simtom, segeralah berkonsultasi dengan dokter mata.
 
Jika Anda melihat seperti bercak-bercak hitam. atau sumber terang, seperti layar atau langit, yang disebut dengan vitreous floater. Mereka berhubungan dengan perubahan struktur dalam vitreous jeli di tengah-tengah mata, yang sebenarnya sangat umum.
 
Namun akan membahayakan jika Anda tiba-tiba menyadari munculnya kilasan cahaya terang, atau sensasi seperti ada tirai yang menyelubungi penglihatan. Ini adalah simtom yang harus segera mungkin dicek ke dokter. Hal ini bisa saja mengindikasikan kemungkinan pelepasan retina.
 
3. Jauhi Rokok
Masih ragu untuk berhenti merokok? Ini alasan lain yang mungkin akan membuat Anda yakin berhenti merokok, melindungi fungsi mata.
Harus Anda tahu, merokok juga bisa meningkatkan risiko katarak sekaligus penurunan fungsi mata sehubungan dengan usia Anda.
 

Photo by Eddy Billard on Unsplash
 
4. Kurangi Bermain Gawai
Terlalu sering menggunakan gawai menjadi penyebab yang paling banyak siapa saja mengalami masalah pada mata. Baik untuk bekerja ataupun bermain, menatap layar komputer, ponsel, atau tablet seharian bisa memberikan efek pada mata.
 
Sinar biru pada layar gawai bisa menyebabkan kerusakan retina, serta mempercepat penurunan fungsi mata karena usia, dan katarak. Sinar biru juga dapat mengganggu ritme sirkadian, jadi sebaiknya hindari penggunaan gawai sebelum tidur.
 
5. Pola Makan Sehat
Sama seperti segala hal yang berhubungan dengan kesehatan, pola makan selalu memegang peranan penting. Cobalah diet yang tinggi antioksidan, vitamin A, C, dan E.
 
Mereka yang banyak makan sayuran hijau cenderung memiliki risiko lebih rendah mengalami penurunan fungsi mata sehubungan dengan usia.
Scroll To Top