ID | EN

Dukung Arus Mudik, 6 Ruas Tol Baru Siap Beroperasi

Menjelang Lebaran, ada 6 ruas tol baru yang siap beroperasi demi mendukung kelancaran perjalanan para pemudik. Ada di mana saja, ya? Yuk, simak di sini!
 
Dilansir dari situs resmi Kemeterian PUPR, Indonesia terus melanjutkan pembangunan berbagai ruas jalan tol yang siap memudahkan transportasi para masyarakat. Saat ini, sedang dipersiapkan 6 ruas jalan tol baru yang akan mulai difungsikan saat arus mudik Lebaran 2024 dimulai. 
 
 
6 ruas jalan tol ini tersebar di Pulau Jawa dan Sumatra, yang jika dihitung secara total panjangnya mencapai sekitar 163 km. Beberapa ruas tol yang sudah berfungsi adalah Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Tol Pasuruan-Probolinggo (seksi 4A Probolinggo Timur-Gending), dan Tol Ciawi-Sukabumi (Seksi 2 Cigombong-Cibadak). Selain itu, beberapa tol juga siap difungsikan seperti Tol Jakarta Cikampek II Selatan dari arah Sadang ke Kutanegara, dan juga Tol Yogyakarta-Solo, ruas Kartosuro-Karanganom (Klaten) sepanjang yang bisa mempersingkat hampir sepertiga jarak antara Solo-Yogyakarta.
 
 
Selain itu, Tol Cimanggis-Cibitung ruas Cikeas-Cibitung yang terhubung juga dengan pusat Kota Jakarta siap difungsikan. Kapasitas jalan Tol Cipali juga ditambah menjadi 4 lajur demi arus mudik yang semakin lancar.
 
Di Sumatra, ada 3 ruas jalan tol yang siap fungsi, di antaranya Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura dan seksi 3-4 Sinasak-Seribu Dolok, Tol Bangkinang-Tanjung Alai, dan Tol Indrapura-Kisaran seksi 2 Limapuluh-Kisaran (32 km). 
 
Tidak hanya untuk memperlancar arus mudik, nantinya seluruh jalan tol tersebut diharapkan dapat membantu mobilitas seluruh masyarakat, baik untuk bekerja maupun untuk berlibur. Semakin terhubung seluruh sudut kota, pastinya akan memudahkan kita juga untuk traveling, kan? Yang paling penting, jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan berkendara, ya!
Scroll To Top