ID | EN

Hari Tua Nyaman dan Sejahtera dengan Langkah Ini

Langkah sederhana maksimalkan hari tua.

Hari tua yang nyaman dan sejahtera menjadi mimpi hampir semua orang. Agar dapat mempersiapkan hari tua yang menyenangkan bagi diri sendiri dan keluarga, tidak ada salahnya jika sedari dini kita berusaha untuk menjadi pribadi yang produktif. Sebelum masa itu tiba, ada baiknya untuk merancang sekaligus mempersiapkan hari tua secara maksimal dengan langkah sederhana ini.

1. Kebutuhan di Masa Pensiun

Apa yang Anda butuhkan di hari tua? Memiliki rumah di pedesaan dan bertani? Rumah di kota besar dengan halaman luas untuk berkebun? Atau rumah di tepi pantai? Apakah Anda ingin mempertahankan gaya hidup saat ini untuk di masa tua nanti atau ada penurunan? Gaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatan bisa menjerumuskan Anda pada hutang. Oleh sebab itu, ketahui apa yang Anda butuhkan di hari tua dan sesuaikan dengan pendapatan saat ini.

2. Lunasi Semua Hutang

Jika saat ini Anda memiliki hutang, pastikan segera melunasinya. Saat mencicil hutang, Anda juga bisa fokus merencanakan tabungan pensiun yang sesuai dengan sisa gaji setelah membayar hutang dan kebutuhan harian. Caranya, pisahkan semua dana pengeluaran. Misal, dana kebutuhan sehari-hari, dana pensiun dan dana kebutuhan mendesak. Jangan sampai menggunakan dana pensiun untuk kebutuhan yang tak terduga. Hal tersebut harus dilakukan secara konsisten, setiap bulannya, selama Anda bekerja atau memiliki pendapatan. Jika tidak begitu, bagaimana bisa menikmati hari tua yang sejahtera?

3. Investasi

Anda tentu tahu bahwa investasi bisa menjamin hari tua yang lebih baik. Meski demikian, tetap harus disesuaikan dengan kemampuan. Anda harus mengetahui jenis investasi dan risikonya. Misal, investasi dalam bentuk emas, reksa dana, deposito atau kontrakan. Anda juga bisa mengikuti program dana pensiun yang ditawarkan oleh bank dengan sistem autodebit (pembayaran secara debit otomatis dari rekening ke tabungan dana pensiun) dengan iuran yang beragam sesuai dengan kemampuan.

 

Scroll To Top