ID | EN

Sang Perusahaan Pertama Bidang Farmasi di Indonesia

Pionir perusahaan farmasi di Tanah Air.

Telah berkarya sejak abad ke-18, Kimia Farma merupakan perusahaan yang bergerak di bidang farmasi pertama di Indonesia. Walaupun dahulu Kimia Farma adalah perusahaan negara, namun sejak 1958 Kimia Farma telah menjadi perusahaan swasta dengan kualitas, visi dan misi yang sama yaitu untuk mengembangkan dan membangun kesehatan masyarakat Indonesia. Pada awalnya Kimia Farma hanya fokus kepada pengembangan produk farmasinya saja. Tetapi kini Kimia Farma juga memperhatikan kegiatan perdagangan dan jaringan distribusi serta pelayanan kesehatan yang berbasis jaringan ritel farmasi. Oleh sebab itu kini produk Kimia Farma bukan hanya berupa obat-obatan tetapi juga, apotek, klinik farmasi, laboratorium farmasi serta trading & distribution.

Kiprahnya di Indonesia terbukti dengan hadirnya apotek lebih dari 400 gerai, 64 klinik farmasi, 33 laboratorium farmasi, serta 45 cabang trading & distribution. Tidak hanya berhenti di situ saja, Kimia Farma terus mengembangkan perusahaannya dengan merambah ke tingkat global dengan memasuki tingkat perdagangan internasional. Rencana tersebut pun direalisasikan dengan kegiatan ekspor produk obat jadi dan persediaan farmasi serta bahan baku obat ke Eropa, India, Jepang, Taiwan dan New Zealand. Sedangkan untuk ekspor produk jadi dan kosmetik Kimia Farma telah mencangkup pasa Yemen, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Vietnam, Sudan, dan Papua New Guinea.

Bukti lain dari tidak pernah berhentinya Kimia Farma untuk berkarya adalah adanya pembuatan produk herbal yang dipicu oleh potensi banyaknya peminat dan pembeli untuk berbisnis di bidang ini. Meskipun produk herbal Kimia Farma belum menjadi produk terpopuler di Indonesia namun ternyata pasar produk tersebut telah memasuki negara-negara besar seperti Filipina, Myanmar, Pakistan, Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain dan Bangladesh. Sudah dapat dipastikan dengan kuatnya visi misi serta kepeduliannya terhadap kesehatan dan bisnis di Indonesia Kimia Farma akan terus membidik target-target baru yang dapat memajukan perusahaan serta negara Indonesia itu sendiri.

Scroll To Top