ID | EN

Mark, Facebook, To Meta!

“Hari ini kami memperkenalkan Meta, yang menyatukan aplikasi dan teknologi kami dengan nama baru”
Photo source: Mark Z Facebook
 
Facebook mengumumkan bahwa awal pekan ini mereka sedang mempertimbangkan untuk mengubah nama perusahaan dalam upaya untuk merefleksikan bangunan Metaverse-nya. Dan, Secara resmi mengubah namanya menjadi Meta. CEO Mark Zuckerberg telah mengumumkan berita itu Kamis sore.

“Hari ini kami memperkenalkan Meta, yang menyatukan aplikasi dan teknologi kami di bawah merek perusahaan baru”, kata perusahaan itu melalui Twitter, salah satu platform media sosial yang sebenarnya bukan milik dan dioperasikan perusahaannya.

Sebelum kita membahasnya, yuk, tengok dulu beberapa fakta yang ada:
• Nama baru Facebook "Meta" adalah bahasa Yunani yang dapat diartikulasikan "Beyond" dalam bahasa inggris, kata CEO Facebook Mark Zuckerberg.
• Dia mengatakan keputusan untuk mengganti nama Facebook dibuat untuk "mencerminkan siapa kami dan apa yang ingin kami bangun," yang mengacu pada rencana perusahaan untuk fokus pada "Metaverse".
• Logonya seperti simbol infinity berwarna biru menyertai nama baru tersebut.
• Facebook Inc. juga memiliki Instagram dan WhatsApp yang sangat populer digunakan dalam dunia online/digital.
 

Photo source: Mark Z Facebook
 
“Metaverse akan menjadi campuran dari online social experience saat ini, terkadang akan menjadi tiga dimensi atau proyek dalam dunia fisik. Ini akan memungkinkan Anda berbagi pengalaman dengan orang lain bahkan ketika Anda tidak bisa bersama - dan melakukan hal bersama-sama yang tidak dapat Anda lakukan di dunia fisik” kata Meta dalam sebuah pernyataan. "Ini adalah evolusi selanjutnya dalam perjalanan teknologi sosial, dan ini akan mengantarkan babak baru bagi perusahaan kami.".

$868,5 miliar, Itulah nilai pasar Facebook, salah satu perusahaan terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Itu memiliki 3,6 miliar pengguna bulanan di seluruh dunia pada kuartal ketiga tahun ini berdasarkan sumber dari Wall Street Journal.

Mark juga menyempurnakan tentang "Metaverse", sebuah konsep dunia digital di mana realitas virtual menyatu dengan realitas fisik, pada konferensi tahunan perusahaan Connect. Game kemungkinan akan menjadi fitur pertama yang menarik pengguna ke metaverse, kata Mark. Tapi dia juga mengincar untuk menghubungkan pengguna dengan sesi training, serta juga dapat menjadi fitur untuk bekerja dan edukasi di Metaverse. Mark mengatakan Facebook sedang mendalami untuk memberi pengguna opsi untuk menggunakan akun yang terpisah dari akun media sosial mereka. Facebook juga telah memiliki kacamata hitam pintar (Smart Sunglasses) yang dilengkapi dengan kamera built-in, yang dibuat bersama dengan Ray-Ban yang juga telah dipasarkan di market, dan sudah menawarkan headset virtual-reality.
 

Video source: Youtube (CNET)
 
Mark menyebut bahwa metaverse adalah "next chapter for the internet" atau yang diartikan bab selanjutnya untuk internet. Sebuah inisiatif yang muncul setelah banyaknya kritik keras.

Perusahaan menambahkan bahwa meskipun pengumuman Meta tidak akan mengubah struktur dari perusahaan, mulai Q4 tahun 2021 ini akan melaporkan keuangan untuk dua entitas terpisah yakni "Family of Apps and Reality Labs"  yang dapat diartikan sebagai "Keluarganya Aplikasi dan Lab Realitas".

Facebook juga akan mulai berdagang dalam bursa sahamnya dengan berganti menjadi MVRS (saat ini masih diperdagangkan sebagai FB) dan akan dimulai per-tanggal 1 Desember 2021.

“Ketika Facebook diluncurkan pada tahun 2004, itu mengubah cara orang terhubung. Aplikasi seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp semakin memberdayakan miliaran orang di seluruh dunia,” kata perusahaan itu. “Sekarang, Meta bergerak melampaui layar 2D menuju pengalaman yang imersif seperti augmented reality dan virtual reality untuk membantu membangun evolusi berikutnya dalam teknologi sosial.”

(Disadur dari Forbes & Entrepreneur)
Scroll To Top