ID | EN

Sekilas Sejarah Pembangunan Kota Jakarta Baru

Sudah tahu belum cerita tentang Kota Jakarta yang ini?
Photo by Afif Ramdhasuma on Unsplash  
 
Melewati Jakarta saat ini banyak berjejer gedung-gedung pencakar langit di kawasan Sudirman-Thamrin. Ada juga jalan-jalan protokol yang menghubungkan bagian wilayah Jakarta satu sama lain. Presiden Soekarno adalah seseorang yang berjasa membawa Indonesia pada kemerdekaan, dan beliau juga yang memprakarsai pembangunan Kota Jakarta baru hingga masih bisa kita nikmati hingga sekarang ini.
 
 
Berkat jasa beliau pula yang membangun jalan besar yang menghubungkan Lapangan Merdeka atau Medan Merdeka ke kawasan pemukiman Kebayoran. Kemudian jalan Sudirman hingga Thamrin memang dikhususkan untuk gedung-gedung pencakar langit yang dapat kita lihat hingga sekarang.
 

Photo by Yulia Agnis on Unsplash
 
Presiden Soekarno yang berlatar belakang sebagai insinyur sipil ini adalah tokoh yang membangun ikon-ikon ternama di Jakarta seperti Monas, Masjid Istiqlal, Hotel Indonesia, dan juga Wisma Nusantara. Beliau juga membangun komplek olahraga berstandar olimpik pada masanya, yakni Gelora Bung Karno.
 

Photo by Yulia Agnis on Unsplash
 
Sedangkan untuk kawasan Senayan dan Jembatan Semanggi dibangun khusus untuk menyambut Asian Games ke-4 yang diselenggarakan pada tahun 1962 di Jakarta. Bangunan dan kawasan tersebut kini menjadi kawasan tersibuk di Jakarta. Tak heran memang atas prakarsa Bung Karno, kawasan tersebut menghubungkan seluruh wilayah Jakarta sehingga banyak dilalui oleh masyarakat Jakarta dan sering menjadi pusat kemacetan.
Scroll To Top