ID | EN

5 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Suka merasa sebal jika baterai smartphone Anda cepat habis saat dibawa pergi? Mungkin ini dia penyebabnya!
 
Baterai menjadi salah satu hal yang paling esensial untuk setiap gadget yang kita miliki. Namun, apakah baterai smartphone Anda suka menjadi cepat habis? Pastinya hal ini akan menjengkelkan karena Anda harus sering-sering mencari sumber listrik untuk charge. Cobalah untuk cek hal-hal berikut ini apakah sering Anda lakukan? Karena berikut ini adalah 5 penyebab baterai smartphone cepat habis!
 

Photo by Nubelson Fernandes on Unsplash  
 
Aplikasi dengan Ukuran yang Berat
Cobalah untuk cek aplikasi yang ada di smartphone Anda, apakah banyak yang sering mengirimkan push notification atau ada yang memiliki ukuran memori aplikasi yang besar? Bisa jadi hal ini yang menjadi penyebab utama baterai smartphone cepat habis. Lebih baik uninstall aplikasi dengan memori yang besar dan jarang dipakai, atau meminimalisir penggunaan push notification.
 
Kondisi Baterai Sudah Tidak Baik
Penyebab berikutnya bisa jadi kondisi baterai smartphone Anda sudah tidak baik. Coba diingat lagi sudah berapa lama usia baterainya? Atau mungkin saja Anda juga kurang merawat baterainya dengan baik. Jangan sampai Anda membiarkan baterai kosong terlalu lama, atau mungkin Anda suka meninggalkannya untuk di-charge semalaman? Sebaiknya mulai hentikan kebiasaan buruk ini ya.
 

Photo by Steve Johnson on Unsplash 
 
Penggunaan Widget yang Berlebihan
Widget yang ada di smartphone memang memiliki fungsi dan pastinya bermanfaat, seperti widget cuaca atau berita terkini. Namun, cara kerjanya yang selalu meng-update setiap saat juga pastinya membuat baterai bekerja ekstra. Pastikan Anda mengaktifkan widget yang benar-benar bermanfaat atau mengaturnya agar tidak selalu update setiap saat.
 
Perhatikan Sinyal & Fitur yang Tidak Terpakai
Sinyal yang buruk juga berpengaruh terhadap baterai, lho. Smartphone akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal sehingga baterai pun bisa jadi cepat habis. Perhatikan juga apakah fitur seperti Wi-Fi, bluetooth, atau live wallpaper sering menyala? Jika sedang tidak memakai koneksinya, sebaiknya dimatikan saja agar tidak menguras baterai smartphone Anda.
 
 
Charger Sudah Rusak
Tak hanya baterainya, charger yang sudah rusak juga berpengaruh pada baterai, lho. Jika smartphone kamu membutuhkan waktu yang lama untuk di-charge, bisa jadi kerusakan juga ada pada charger-nya. Jika dibiarkan terus, bisa-bisa baterai smartphone kamu juga ikut menjadi rusak.
 
Setelah mengetahui penyebab ini, Anda jadi sudah aware dengan penyebab baterai rusak, kan? Pastikan untuk selalu merawat gadget yang Anda miliki, ya!
Scroll To Top