ID | EN

Begini Cara Hapus Riwayat Pencarian Google

Begini Cara Hapus Riwayat Pencarian Google

Google telah menjelma menjadi sumber untuk mencari hal apapun, mulai dari yang paling serius hingga yang paling sepele. Saat sedang melakukan pencarian, seringkali muncul kata kunci atau keyword yang sudah pernah dicari sebelumnya.

Banyak yang terbantu dengan fitur pencarian ini, namun tak jarang merasa terganggu, apalagi jika orang lain yang sedang menggunakan ponsel Anda untuk melakukan pencarian di Google.

Jangan risau! Karena Google telah menyediakan cara bagi penggunanya yang ingin menghapus riwayat pencarian. Caranya dengan mengakses menu 'My Activity' atau 'Aktivitas Saya'.

Pertama, Anda harus masuk (sign in) ke halaman My Activity di tautan myactivity.google.com. Lalu pilih ikon menu (tiga baris horizontal) di bagian kiri atas layar. Pilih menu 'Delete activity by' dan lakukan langkah yang sama seperti halnya menghapus pencarian via desktop.

Di peramban (browser) Google Chrome, menghapus riwayat pencarian bisa dilakukan dengan mudah. Cukup klik ikon menu (tiga lingkaran vertikal) yang ada di sisi kanan atas layar. Kemudian pilih menu history (histori), lalu pilih 'hapus data browsing'. Seperti halnya di menu 'My Activity', pilih rentang waktu yang pencariannya ingin dihapus, kemudian pilih 'hapus data'.

Selain memberi data berapa banyak pencarian yang dilakukan, menu 'My Activity' juga memberikan rincian statistik berapa banyak aplikasi yang digunakan, dan berapa kali aplikasi tersebut digunakan di perangkat Android.

Data tersebut juga memuat aplikasi apa saja yang pernah dicari pengguna di Google Play Store dan berapa banyak iklan yang muncul di hasil pencarian yang sempat diklik oleh pengguna. Selamat mencoba!

Scroll To Top