ID | EN

Do’s and Don’ts Pada Saat Berbelanja

Belanja memang merupakan aktivitas seru. Tapi perhatikan hal berikut ini sebelum Anda berbelanja.
Photo by Mitchell Luo on Unsplash
 
Hobi berbelanja? Ya, Indonesia adalah salah satu surganya untuk berbelanja. Tetapi hati-hati, berbelanja juga ada aturannya.
 
Do:
  1. Selalu lakukan penawaran harga ketika berada di tempat berbelanja yang berupa trade center atau di pasar tradisional.
  2. Belanja pada bulan Juni-Juli akan mendapatkan harga spesial.
  3. Selalu bandingkan satu toko dengan toko lain dengan produk yang sejenis.
  4. Teliti barang yang dibeli contohnya untuk tas dan pakaian, lihat jahitan benangnya.
  5. Sesuaikan pakaian dengan tempat belanja. Hal tersebut akan memudahkan Anda memberikan ‘clue’ pada penjual untuk memberikan pelayanannya.

Photo by Dollar Gill on Unsplash
 
Don’ts
  1. Memaksakan kehendak ketika menawar harga.
  2. Tidak mengkalkulasikan diskon dan promo yang ditawarkan. Bisa saja diskon tersebut hanya akan membuat Anda lebih banyak berbelanja.
  3. Tergoda dengan angka nominal 999.999. Contohnya sebuah produk seharga Rp1.699.999,-. Harga yang akan muncul di benak Anda adalah angka sebelum angka 9 sehingga membuat Anda merasa lebih murah.
  4. Menunjukkan atensi terlalu tinggi pada sebuah produk yang sedang ditawar. Para penjual hanya akan tetap mengajukan harga awal karena mengetahui Anda menginginkan barang tersebut.
  5. Membawa uang lebih dari bujet dan bahkan menggunakan kartu kredit. Hal ini hanya akan memicu otak Anda untuk belanja lebih dari perkiraan.
Scroll To Top