ID | EN

Ini 5 Manfaat Jamu untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Minuman asal Indonesia yang kaya manfaat serta khasiatnya pada kesehatan dan kecantikan. Temukan manfaat jamu favoritmu di sini!
 
Bagi sebagian orang, jamu tentu bukan hal asing, minuman tradisional asal Indonesia ini terkenal kaya manfaat, baik untuk kecantikan wajah maupun kesehatan tubuh. Berikut 5 varian jamu yang paling banyak dikonsumsi beserta manfaatnya.
 
1. Kunyit Asam
Jamu yang terbuat dari kunyit, asam jawa, gula jawa dan sedikit garam ini menjadi varian jamu paling populer yang dipercaya memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi rasa nyeri saat haid, melancarkan haid, membakar lemak tubuh, mencegah bau badan hingga meningkatkan stamina. Kandungan vitamin A dan C dalam kunyit asam juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat. 
 

Photo by Fauzan on Unsplash 
 
2. Beras Kencur
Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun gemar meminum beras kencur. Bahan utama seperti beras putih, kencur, jahe, asam jawa, kunyit dan gula jawa menjadikan beras kencur tak hanya nikmat, namun juga membuat badan terasa segar. Di samping itu, beras kencur juga dapat mengatasi masalah jerawat, kulit kusam dan mengurangi minyak di wajah.
 
3. Pahitan
Dari namanya saja, Anda mungkin bisa menebak jamu satu ini memiliki rasa lebih pahit dari jamu lainnya. Daun sambiloto sebagai bahan utama jamu ini mampu mengurangi bau tak sedap pada tubuh, menurunkan risiko diabetes, mengatasi rasa pusing dan perut kembung. Bahan tambahan lain seperti brotowali dan adas dikenal bermanfaat untuk mencegah jerawat.
 

Photo by Miti on Unsplash
 
4. Sirih
Meski rasanya tak kalah pahit dari jamu pahitan, jamu sirih memiliki banyak manfaat, salah satunya mengeluarkan darah kotor saat haid. Jamu sirih yang Anda konsumsi selama haid berguna untuk menghilangkan darah kotor dan lendir dari dalam tubuh. Di samping itu, jamu sirih juga bermanfaat untuk mengatasi bau tak sedap pada tubuh, mengatasi keputihan, sekaligus mencerahkan kulit.
 
5. Temulawak
Zat kurkumin dalam jamu Temulawak dikenal bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu, Temulawak juga mengandung beberapa kandungan penting seperti minyak astiri dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi radang sendi, melancarkan pencernaan serta mengobati penyakit maag.
Scroll To Top