ID | EN

Ini Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh di iOS dan Android

Aplikasi yang sering diunduh di iOS dan Android.

Aplikasi berbagi video asal China, TikTok yang juga cukup populer di Indonesia berhasil menjadi aplikasi paling sering diunduh di platform iOS sepanjang kuartal I/2019. Sementara aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi yang paling banyak diunduh di Android.

Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis oleh Sensor Tower, selama lima kuartal berturut-turut, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di platform iOS. Jumlah unduhan TikTok di App Store mencapai 33 juta sejak bulan Januari hingga Maret 2019. Aplikasi terpopuler kedua adalah YouTube, disusul oleh Instagram, WhatsApp, dan Messenger yang melengkapi lima aplikasi teratas di iOS.

Sementara di platform Android, WhatsApp berada di urutan teratas. Aplikasi pesan instan milik Facebook itu diunduh sebanyak 199 juta kali sepanjang kuartal I/2019. Aplikasi terpopuler berikutnya secara berturut-turut adalah Messenger, TikTok, Facebook, dan Instagram.

Meski berada di posisi ketiga, namun TikTok telah diuduh 88,6 juta pengguna baru di platform Android. Angka tersebut naik 8,2 kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Kiprah TikTok sempat tidak mulus di India. Sama halnya dengan di Indonesia, aplikasi itu sempat diblokir oleh pemerintah setempat akibat konten illegal yang mengandung unsur pornografi, pada April lalu. Dikutip dari TechCrunch, pemblokiran TikTok di India telah dicabut sejak 20 Mei lalu.

Sensor Tower juga menyoroti aplikasi baru yang cukup banyak menyedot perhatian para pengguna ponsel pintar, salah satunya adalah YouTube Kids. Jumlah unduhan aplikasi video khusus anak-anak itu meningkat 291% per kuartal, dengan jumlah unduhan sebanyak 29 juta kali di Play Store.

Scroll To Top