ID | EN

Menangis Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Tangisan emosional bantu detoksifikasi tubuh termasuk hilangkan lemak.

Apa yang Anda lakukan ketika sedih? Menangis? Tahukah Anda bahwa menangis bisa membantu turunkan berat badan? Seperti yang dilansir HiMedik dari AsiaOne via World of Buzz, emosi dan perasaan yang berat, yang dikeluarkan saat menangis dapat membantu turunkan berat badan.

Saat emosi dan perasaan seseorang sudah tidak mampu dibendung, tangisan yang emosional bisa meningkatkan level kortisol. Stres secara emosional maupun fisik memengaruhi proses produksi kortisol (hormon stres) sehingga terlalu banyak jumlah kortisol bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan, salah satunya kelebihan berat badan.

Air mata yang disebabkan oleh stres membantu menghilangkan zat beracun yang menumpuk pada tubuh, termasuk lemak. Oleh sebab itu, saat menangis, tubuh tidak akan menyimpan banyak lemak karena melepaskan kortisol (hormon stres).

Berkurangnya hormon stres mengubah sistem metabolisme. Saat tubuh merasa jauh lebih rileks setelah menangis, penumpukan lemak berkurang. Meski tak seberapa besar jumlah kalori yang dibakar, menangis juga dipercaya mengurangi hilangnya nafsu makan sehingga berat badan seseorang bisa berkurang cukup drastis saat melewati fase ini (sedih dan stres) secara terus menerus.

 

Scroll To Top