ID | EN

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Surga Bagi Penggemar Seafood

Di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual ikan, udang, cumi, kepiting, hingga kerang laut.

Tahukah Anda kalau Jakarta memiliki Pasar Ikan Modern (PIM)? Jika Anda belum tahu, pasar ikan ini berada di Jalan Muara Baru Raya, Penjaringan, Jakarta Utara. Pasar Ikan Modern Muara Baru sudah beroperasional sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2019 lalu.

Jika Anda ingin berkunjung ke pasar ikan ini disarankan untuk menggunakan sandal gunung atau sandal karet, karena kondisi lantai pasar sedikit becek akibat es yang mencair dari kotak penyimpan ikan.

Sebagaimana pasar ikan, tentunya di sini Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual ikan, udang, cumi, kepiting, hingga kerang laut. Sangat cocok untuk para penggemar seafood yang ingin mencari bahan makanan hasil laut untuk dimasak sendiri.


Photo Credit: Instagram @hanif.rinardi

PIM Muara Baru terdiri dari dua lantai. Lantai dasar digunakan untuk pedagang menjajakan hasil laut, sedangkan lantai dua berisi foodcourt. Yang menarik, di foodcourt PIM Muara Baru, Anda bisa meminta pedagang untuk membakar hasil laut yang sudah Anda beli.

Pasar ini tergolong selalu ramai. Selain karena hasil laut yang dijual tergolong komplet, harganya juga cukup terjangkau. Bayangkan saja, satu kilogram ikan pecah kulit yang segar dan besar hanya dihargai Rp 20.000. Sedangkan harga untuk udang dan cumi cukup beragam. Satu kilogram udang dihargai mulai Rp 60.000, sedangkan cumi dihargai Rp 80.000 per kilonya.

Naik ke lantai dua, Anda akan menjumpai deretan kios yang menyediakan jasa membakar hasil laut yang sudah Anda beli. Di area ini juga disediakan meja dan kursi untuk pengunjung yang ingin makan di foodcourt. Biaya jasa membakar hasil laut apapun semuanya dibanderol Rp 25.000, belum termasuk nasi dan lainnya. Tapi kebanyakan pengunjung justru lebih suka melahap seafood tanpa nasi, karena lebih nikmat.


Photo Credit: Instagram @roadchef_foodtruck

Tertarik belanja seafood dan makan langsung di Pasar Ikan Modern Muara Baru? Tempat ini bisa dijangkau oleh mobil dan motor, dengan biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Top Photo Credit: Instagram @lenawisata

Scroll To Top