ID | EN

Menciptakan Inovasi dalam Berbisnis, Ini Tipsnya!

Cara sederhana menciptakan inovasi dalam berbisnis. Selain pelayanan, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Apa saja? Simak!
 
Dalam berbisnis, persaingan merupakan hal lumrah. Semakin ramai pembeli, semakin tinggi pula persaingan antara pebisnis. Persaingan tentu tidak akan merugikan jika Anda bisa memanfaatkannya untuk menciptakan inovasi. Lahirnya inovasi dianggap sebagai cara yang tepat untuk memenangkan persaingan (pasar). Berikut inovasi yang dapat Anda lakukan dari hal yang paling kecil dan sederhana untuk meningkatkan daya saing.
 

Photo by Austin Distel on Unsplash  
 
1. Pelayanan
Memberikan pelayanan terbaik pada konsumen merupakan inovasi sederhana yang dapat Anda lakukan agar konsumen tetap setia pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, jika Anda menjalankan bisnis online, pelayanan seperti gratis ongkos kirim, bonus untuk pembelian minimum misal 3, 5 atau 10 tentu akan memberi kesan menyenangkan bagi konsumen, dengan begitu konsumen tidak ragu melakukan pembelian kedua, ketiga, dan kesekian kalinya.
 
2. Kreatif
Kreativitas sangat dibutuhkan dalam berinovasi agar dapat menciptakan produk baru yang unik atau setidaknya meningkatkan kualitas produk yang sudah ada sehingga memiliki daya saing tinggi. Misalnya, Anda memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru untuk berjualan kue kering, tidak ada salahnya membuat bentuk-bentuk yang unik dan menarik seperti pohon Natal, wajah Santa, rusa dan lainnya.
 
 
3. Teknologi
Tidak dapat dipungkiri jika teknologi memberikan andil besar dalam aktivitas harian termasuk menjalankan bisnis. Selain dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mengurangi risiko kerja (human error).
Scroll To Top