ID | EN

5 Makanan ini Ampuh Cegah Flu

Tanda-tanda terserang flu? Jaga asupan dengan tips di bawah ini!
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
 
Jika Anda mulai merasa gatal di tenggorokan atau hidung mulai berair, itu tanda-tanda Anda akan terkena flu? Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mencegahnya.
 
Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyantap makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menumpas kuman sebelum flu benar-benar menyerang.
 
Berikut lima makanan yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah datangnya flu.
 
1. Sup Ayam
 
 
Terdengar klise memang, namun penelitian medis mengungkapkan bahwa sup ayam ternyata dapat menekan peradangan yang menyebabkan gejala flu. Sup ‘ajaib’ ini juga dapat mencairkan lendir sehingga mampet pada hidung dapat berkurang.
 
Penambahan mi dan sayur akan membuat sup semakin mujarab. Karena karbohidrat dalam mi dapat meningkatkan energi, sedangkan sayuran dapat menambah nutrisi pada sup, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
2. Bawang Putih
 
 
Bawang putih adalah bahan makanan yang kaya akan antioksidan dan telah diteliti memiliki zat antivirus sehingga dapat mencegah flu, bahkan menyembuhkannya. Senyawa minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas pada bawang putih) terbukti ampuh melawan flu.
 
Meski menyantap bawang putih mentah lebih baik, Anda tidak perlu memaksakan diri kalau memang tak ingin memakannya. Suplemen bawang putih seperti serbuk, minyak, dan ekstrak memiliki kemampuan menyembuhkan yang sama. Anda cukup mengonsumsi satu atau dua siung bawang setiap hari untuk menangkal datangnya flu.
 
3. Madu
 
 
Jika Anda ingat, dulu ibu atau nenek Anda pernah memberikan satu sendok madu saat Anda sakit tenggorokan, Anda pasti senang jika tahu bahwa apa yang mereka lakukan benar. Penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi.
 
Faktanya, madu lebih efektif melawan batuk dibandingkan obat batuk. Namun jangan lupa, anak di bawah umur 12 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena berisiko terjangkit infant botulism (penyakit botulisme pada anak-anak).
 
4. Teh Hijau
 
 
Orang Cina sudah menggunakan teh hijau sebagai penangkal sakit selama ratusan tahun, dan sekarang penelitian mendukung gagasan mereka. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Tak hanya mencegah flu, dengan meminum teh hijau, Anda juga akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga sel dalam tubuh dapat melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.
 
Jika Anda ingin memberikan teh hijau untuk anak Anda, cukup berikan satu cangkir teh hijau hangat untuk mendapatkan manfaatnya. Hal ini dikarenakan teh hijau juga mengandung kafein yang tidak baik untuk anak-anak.
 
5. Daging Tanpa Lemak
 

Photo by sehoon ye on Unsplash
 
Zat besi sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh dan cara yang paling efisien untuk mempertahankan zat besi yang baik adalah dengan mengonsumsi daging tanpa lemak. Tidak hanya menyediakan zat besi yang mudah diserap oleh tubuh, daging tanpa lemak juga mengandung mineral lain yang baik untuk mencegah infeksi.
 
Oleh karena itu, bila hidung Anda mulai merasa sedikit mampet atau berair, makanlah sepotong daging merah tanpa lemak. Anda bisa memilih daging unggas, ikan atau kerang yang dapat membantu tubuh Anda melawan kuman.
Scroll To Top