ID | EN

5 Cara Mudah Yang Dapat Menginspirasi Interior Design

5 cara simple dan jitu untuk menemukan inspirasi bagi Interior Designer.
Photo source: VistaCreate (AllaSerebrina)
 
Langkah pertama apa yang Anda lakukan ketika sedang mencari Inspirasi untuk proyek Anda? Lalu, bagaimana cara Anda agar dapat menemukan hal-hal untuk inspirasi tampilan yang ingin Anda ciptakan? Berikut adalah lima cara simple dan jitu untuk menemukan inspirasi interior dengan konten visual!
 
1. Gunakan Internet dan Riset Online
Internet adalah sumber inspirasi dan ide kreatif yang tiada habisnya. Ada banyak sekali blog, situs/web, forum, platform media sosial, dan sumber yang didedikasikan untuk desain interior, arsitek, dan sebagainya. Pinterest, Houzz, Design Milk, Dezeen, dan banyak situs web lainnya siap membantu Anda untuk menemukan ide segar yang menginspirasi.
 
 
Jadi, Anda harus cukup teliti secara online dan simpan daftar situs web dekorasi favorit untuk mencari potongan-potongan atau referensi yang menarik dan indah, tip gaya yang unik, ide kreatif, dan banyak lagi. Ini adalah cara untuk tetap mengetahui tren desain terkini. Jadi, dalam hal mengalirkan kreativitas dan inspirasi desain, internet adalah alat yang tak ternilai dan nyaman yang membuat desain dan seni lebih mudah diakses dan instan.
 
2. Membuat Mood Boards atau Vision Boards
Jangan lupa bahwa sangat penting untuk menciptakan desain yang seimbang dan harmonis agar ruang terlihat menyatu. Disinilah Mood Boards atau Vision Boards  sangat membantu. Hari ini Anda bebas menggunakan berbagai alat, editor, layanan, dan sebagainya untuk melakukannya. Misalnya, Anda dapat menggunakan Crello dengan banyak templates, foto, gambar, gambar, video, dan visual lainnya yang dapat menawarkan inspirasi interior Anda.
 
 
Selain itu, tidak hanya aset dan kreatif, VistaCreate juga dapat membantu Anda mendapatkan aset dan beberapa ide segar yang dapat menciptakan suasana hati Anda pada saat membuat desain. Mood/Vision Boards sangat membantu. Buatlah yang tetap mengikuti tren, atau Anda dapat membangun maket untuk desain kamar misalnya. Anda bahkan dapat menambahkan bahan, kain, elemen dekorasi, dan objek lain yang dapat membantu menciptakan design ruangan untuk proyek Anda. 
 
3. Bepergian Atau Jalan-jalan
Jika Anda selalu duduk di depan komputer dan sulit untuk mendapatkan inspirasi. Hal itu bisa membuat Anda merasa terjebak dalam rutinitas hari demi hari. Jika terjadi seperti itu, ada baiknya Anda keluar sejenak dari rutinitas harian Anda untuk me-refresh otak/pikiran Anda dengan berjalan-jalan. Mengunjungi beberapa tempat yang indah, atau bahkan melakukan perjalanan yang membuat Anda merasa senang. Dengan bepergian atau jalan-jalan, Anda bisa mendapatkan inspirasi dalam segala hal mulai dari arsitektur, seni, musik, manusia, alam, makanan, kerajinan, dan semacamnya.
 
 
4. Gunakan Perangkat Seluler Anda
Ide-ide segar bisa datang darimana saja. Hidup di era digital seperti sekarang ini, Anda dapat menggunakan semua alat/tools dari smartphone atau tablet Anda seperti kamera, video, dan sebagainya untuk menangkap gambar dan dekorasi apa pun yang Anda suka sehingga Anda memiliki kesempatan untuk melihatnya lebih detail ketika Anda sudah siap untuk melanjutkan pekerjaan Anda. Selain itu, perangkat seluler Anda dapat memberikan akses ke berbagai aplikasi lainnya, alat, layanan, dan sebagainya. Di sana Anda dapat menemukan banyak ide desain yang menarik untuk proyek/pekerjaan Anda.
 
5. Melatih Mata Anda (Educate Your Eyes)
Terkadang, yang Anda butuhkan hanyalah menonton. Itulah tentang “mata” yang sering dibicarakan oleh banyak desainer interior ternama. Ini adalah cara untuk mengembangkan kepekaan desain yang tajam dan siapapun dapat melakukannya. Yang Anda butuhkan hanyalah menyadari lingkungan sekitar dan memperhatikan sekitar. Sebagai contoh pakaian, desain grafis, arsitektur, desain lansekap, dan sebagainya. Begitulah cara Anda belajar menafsirkan desain yang berbeda, dan mengenali bagaimana warna/lukisan tertentu dapat mempengaruhi suasana hati, gaya, materi pelajaran, dll. Metode ini banyak digunakan oleh beberapa designer ternama, lho.
 
 
Ringkasan, Makna, atau Kesimpulan
Saat ini ada banyak peluang untuk mendapatkan inspirasi interior melalui berbagai aset digital. Baik atau buruk, perangkat seluler, internet, aplikasi, atau alat/tools lainnya dapat memberikan Anda referensi inspirasional yang luas dan mendalam. Namun, terkadang, Anda hanya perlu keluar rumah atau kantor dan berjalan-jalan, melakukan perjalanan untuk menemukan ide-ide baru yang segar dan kreatif. Mulailah untuk bekerja dan mengombinasikan perangkat seluler yang ada dan sesuaikan dengan apa yang Anda miliki.
Scroll To Top