ID | EN

Arti & Makna Di Balik Warna Bunga

Yuk, temukan arti warna bunga favorit Anda di sini!
Photo by Joyous Chan on Unsplash
 
Bunga banyak digunakan untuk menyampaikan pesan dan emosi. Nah, pernahkah Anda memikirkan warnanya? Warna juga mempunyai arti dan makna tertentu, lho. Apabila Anda gemar untuk bercocok tanam, dari warna bunga tersebut, dapat terlihat karakter atau kepribadian Anda. Bunga tersedia dalam berbagai warna dan setiap warna mempunyai arti yang berbeda-beda. Jadi, penting untuk memilih bunga yang pas warnanya untuk dapat dikirimkan kepada seseorang pada acara atau momen spesial tertentu.
 
 
1. Warna Merah: Passion & Love
Bunga merah menyimbolkan gairah, cinta, keindahan, dan kekuatan.
 
Bunga Mawar sangat populer untuk dijadikan kado/hadiah kepada orang tercinta. Biasanya digunakan untuk menunjukkan rasa cinta mereka atau mungkin pada saat Anda ingin melamar seseorang.
 
Tidak terbatas pada Bunga Mawar merah saja, banyak bunga dengan warna merah lain yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa cinta dan kasih sayang kepada orang tersayang. Bunga Tulip merah contohnya, bunga ini juga biasa dikirim untuk menunjukkan cinta kepada seseorang. Selain itu, Anyelir merah, bunga ini diberikan untuk menunjukkan rasa kekaguman Anda kepada seseorang.
 
 
2. Warna Oranye: Kesuksesan & Kegembiraan
Bunga berwarna oranye populer untuk dikirimkan kepada seseorang untuk melambangkan kesuksesan dan kegembiraan. Warna ini mempunyai karakter untuk memberikan semangat. Selain itu, warna ini juga dapat Anda kirim untuk menyampaikan pesan akan prestasi dan kebahagiaan.
 

Photo by frame harirak on Unsplash
 
3. Warna Pink: Sikap/Attitude Positif & Kebaikan
Warna Pink atau merah muda sering dikaitkan dengan keterbukaan, semangat, positif, dan kebaikan. Bunga dengan warna merah muda ini dapat menunjukkan perasaan yang lembut, kasih sayang yang manis kepada seseorang.
 
Bunga Mawar ada yang berwarna pink. Biasanya warna ini dikaitkan dengan rasa manis dan cinta yang romantis. Bunga dengan warna merah muda juga identik dengan Bunga Peony dan Anyelir. Mereka memiliki warna pink yang dapat dijadikan opsi untuk Anda memberikan kesan atau simbol kepada seseorang. Bunga peony merah muda akan memberikan kesan rasa manis dan cinta yang romantis. Sedangkan, Bunga Anyelir merah muda melambangkan cinta seorang Ibu. Selain itu, Bunga Sakura dengan rona merah jambu yang lembut, memberikan arti hidup dan keindahan!
 

Photo by Annie Spratt on Unsplash
 
4. Warna Hijau: Kesehatan & Vitalitas
Bunga dengan warna hijau sering dikaitkan dengan kesehatan dan vitalitas. Warna ini melambangkan keseimbangan. Contohnya: Hydrangea hijau & tanaman hijau. Selain itu, bunga dengan warna hijau juga melambangkan pembaharuan, harapan, kekaguman, kekuatan, dan juga keberuntungan.
 

Photo by Dustin Humes on Unsplash
 
5. Warna Kuning: Persahabatan & Kepolosan
Bunga warna kuning melambangkan persahabatan dan juga bisa kepolosan. Warna ini sering diungkapkan dengan perasaan yang ceria dan hati yang baik. Biasanya bunga dengan warna kuning sering ditemukan pada bunga Tulip kuning dan Peony kuning.
 
Mungkin untuk sebagian orang, yang terlintas di benak Anda adalah Bunga Matahari dengan warna kuning. Arti dan makna dari bunga Matahari adalah simbol kesetiaan, pemuja, dan umur panjang. Selain Bunga Matahari, ternyata Bunga Mawar kuning juga memiliki arti yang dikaitkan dengan persahabatan dan pesan yang gembira. Bunga dengan warna kuning juga dapat memberikan makna untuk merayakan pencapaian atau suatu harapan.
 
 
6. Warna Ungu: Pesona, Anggun, & Elegansi
Bunga dengan warna ungu bersifat agung dan mencerminkan lambang pesona, keanggunan, dan juga kehalusan. Lavender misalnya, melambangkan keanggunan dan ketenangan. Anggrek yang indah dan eksotik melambangkan kemewahan dan kekuatan. Bunga Iris sering dikaitkan dengan kebijaksanaan dan pujian, sedangkan Bunga Violet melambangkan kesetiaan.
 
Bunga dengan warna ungu cukup banyak digunakan untuk mix-and-match pada karangan bunga agar terlihat lebih cantik dan hidup. Bunga dengan warna ungu seperti Lilac dan Hydrangea juga memiliki arti yang cukup unik, yaitu selain pesona, bunga tersebut juga dapat diidentikkan dengan emosi yang tersentuh hati, dan juga spiritualitas yang mendalam.
 

Photo by Gemma Evans on Unsplash
 
7. Warna Biru: Kebahagiaan & Harmoni
Bunga warna biru melambangkan kebahagiaan, kehati-hatian, harmoni, dan kedamaian. Meskipun tidak umum, namun bunga dengan warna biru memiliki arti yang khusus. Contoh bunga dengan warna biru ー Hydrangea & Delphinium.
 
Delphinium, yang dikenal dengan kelopak bunga biru cerah tapi berduri, melambangkan martabat dan keanggunan. Forget-me-nots memberikan makna dan lambang cinta serta kenangan sejati. Bunga Hydrangea biru identik dengan simbol rasa syukur dan kelimpahan. Bunga jagung (cornflowers), dengan bunganya yang berwarna biru cerah, melambangkan kesetiaan dan juga pengabdian. Bunga biru lainnya seperti Morning Glory, Iris, dan Bachelor's Buttons juga memiliki makna yang unik dan sering dikaitkan dengan kedamaian, kepercayaan, dan intuisi!
 

Photo by Mink Mingle on Unsplash
 
8. Warna Putih: Murni & Sederhana
Bunga berwarna putih melambangkan kesucian dan keabadian. Mereka mempunyai penampilan yang bersih, cantik, dan sederhana.
 
Bunga Mawar putih melambangkan kesucian, kesucian, dan awal yang baru, sangat populer untuk acara-acara pernikahan atau pembaptisan. Bunga Lili putih melambangkan kemurnian dan kebajikan, mungkin Anda akan sering melihatnya di pemakaman atau upacara-upacara peringatan. Bunga Anggrek putih melambangkan keanggunan, keindahan, dan kepolosan, sehingga cocok untuk digunakan di acara-acara formal atau sebagai hadiah. Bunga Aster putih melambangkan kepolosan serta kesederhanaan, cocok untuk mengekspresikan perasaan yang murni dan tulus.
 
Sudahkah Anda menemukan warna bunga favorit Anda? Apa makna dan arti dari bunga pilihan Anda? Yuk, comment di sini!
Scroll To Top